Selasa, 30 Oktober 2012

Cara Cerdas Mengatur Uang Belanja

Kebiasaan para wanita yaitu sulit sekali mengatur uang belanja ketika sudah berada di pusat perbelanjaan atau supermarket. Hampir setiap tempat belanja yang dikunjungi memiliki daya tarik tersendiri, sehingga membuat uang dalam dompet mudah sekali mengalir ke kasir. Berbagai cara sudah dilakukan, namun selalu gagal. Berikut beberapa tips yang dikutip dari About Coupon, untuk mengatur uang belanja agar tidak boros.
1. Periksa Lemari Dapur
Sebelum Anda pergi ke supermarket, buatlah daftar belanjaan terlebih dahulu. Periksalah barang atau bumbu apa saja yang sudah habis dan harus segera dibeli. Gunakan kupon belanja yang Anda miliki, dan pisahkan uang sesuai dengan keperluannya. Anda juga bisa membaca surat kabar atau majalah sebelum pergi ke supermarket, siapa tahu menemukan penawaran terbaik.

2. Memilih Tempat belanja yang Tepat
Saat ini sudah banyak sekali tempat belanja yang menjual kebutuhan sehari-hari dengan harga yang jauh lebih murah dari harga supermarket. Untuk pembelian barang-barang tertentu dalam jumlah besar, sebaiknya Anda dapat membelinya di tempat belanja yang menawarkan harga grosir karena tentu saja akan jauh lebih hemat.

3. Toko Makanan
Banyak cara yang dilakukan produsen untuk memasarkan produknya, termasuk dengan melakukan penjualan dengan teknik open kitchen. Dengan teknik ini, konsumen dapat melihat cara pembuatan makanan dan akhirnya mengunjungi toko tersebut karena mencium aroma makanan yang menggugah selera. Pastikan Anda tidak tergoda bila ingin menghemat uang belanja.

4. Mengatur Batas Pembelian
Menghindari pengeluaran tak terduga adalah salah satu pencegahan terbaik. Membuat daftar belanja akan membantu Anda mengurangi pembelian barang yang tidak penting, dan tentu saja akan sangat menghemat waktu.

5. Membandingkan Harga
Sebelum berbelanja, pastikan Anda sudah mengetahui harga produk tersebut. Sebaiknya Anda berkeliling dulu untuk membandingkan harga produk yang sama dari satu toko ke toko lain. Pastikan Anda mendapatkan harga terbaik.

6. Waspadai Strategi Marketing
Banyak toko yang melakukan strategi dalam menjual produknya agar laris terjual. Mengetahui jenis-jenis strategi marketing dari setiap produk tentu akan menguntungkan bagi Anda, salah satunya adalah menghemat uang belanja. Waspadalah terhadap diskon yang ditawarkan, karena bisa jadi Anda justru tidak mendapatkan potongan harga sama sekali.

7. Belajar Menjadi Pembaca Label
Membaca label produk adalah cara terbaik untuk mengetahui lebih dalam produk yang diiklankan. Anda harus mengetahui komposisi dari produk yang dibutuhkan. Jika ingin membeli jus buah, tentu saja Anda menginginkan jus tersebut banyak mengandung buah, bukan malah lebih banyak air atau bahkan pemanis. Dengan membaca label, Anda akan mendapatkan informasi seputar jumlah kalori dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

8. Perhatikan Scanner
Saat Anda berada di kasir, jangan alihkan pandangan Anda dari mesin penghitung belanja atau scanner. Hal tersebut harus dilakukan agar Anda dapat mengawasi kasir dan menghindari kesalahan kasir saat memasukkan nominal yang salah.

sumber : wolipop

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar